oleh

Syarat Mendapatkan Bantuan Rp.13,5juta Bagi PESERTA Hingga ALUMNI Kartu Prakerja.

Kobra86_Jakarta,. Kartu Prakerja adalah sebuah kartu yang digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum memiliki keterampilan.

Kartu tersebut dipromosikan oleh Joko Widodo pada masa kampanye Pemilihan umum Presiden Indonesia 2019, bersama dengan KIP Kuliah dan Kartu sembako murah. 

Peserta Kartu Prakerja bisa dapat benefit total Rp13,5 juta hanya dengan modal KTP. Simak cara registrasi di prakerja.go.id berikut ini.

Jika sudah lolos seleksi kepesertaan, maka peserta Kartu Prakerja berhak menerima saldo pelatihan kerja sebesar Rp1 juta.

Saldo tersebut memang tak bisa dicairkan. Namun, peserta bisa memanfaatkannya untuk membeli pelatihan kerja di berbagai platform pelatihan yang sudah bekerjasama dengan panitia Kartu Prakerja.

Selain saldo pelatihan, benefit juga ditambah dengan insentif sebesar total Rp2,4 juta yang dibayarkan selama 4 bulan (Rp600.000/bulan). Kali ini, saldo dapat dicairkan ke rekening bank atau e-wallet peserta.

Kemudian, peserta juga akan mendapatkan honor sebesar Rp150 ribu sebagai imbalan telah mengisi survey kepuasan selama menjadi peserta Kartu Prakerja.

Honor survey juga dapat dicairkan menjadi uang melalui rekening bank atau e-wallet.

Tak hanya benefit selama aktif menjadi peserta, alumni Kartu Prakerja juga berkesempatan mendapat bantuan KUR dengan maksimum pinjaman Rp10 juta.

Alumni Kartu Prakerja berkesempatan dapat KUR Rp 10 juta dari Kartu Prakerja 2021, pendaftaran di e-form BNI, bukan di www.prakerja.go.id.

Adapun KUR Kartu Prakerja adalah program Pemerintah untuk memfasilitasi alumni pelatihan Kartu Prakerja yang berkeinginan menjadi wirausaha dengan modal murah.

KUR Alumni Kartu Prakerja 2021 ini juga terbuka bagi pendaftar Kartu Prakerja Gelombang 18 yang bakal dibuka pada semester II 2021, artinya yang belum alumni juga berkesempatan.

Baca Juga  Pemilihan Ketua RW Lanjutan Pesta Demokrasi Di Wilayah Kelurahan Mekarjati Karawang

Dalam program KUR Alumni Kartu Prakerja 2021, Pemerintah menunjuk BNI sebagai bank penyalur. Pada April 2021, BNI mencatat 387ribu alumni Prakerja berminat jadi wirausaha.

Dari angka itu, sebanyak 13 ribu alumni Kartu Prakerja di antaranya dikirimi SMS yang berisi ajakan untuk menjadi wirausaha dengan bantuan modal Rp 10 juta berbunga rendah.

Berikut syarat daftar Kartu Prakerja Gelombang 18 sebagai syarat dapat KUR Super Mikro:

WNI Berusia 18 tahun ke atas,
Pencari kerja atau penganggur (lulusan baru maupun terkena PHK),
Pekerja (buruh/karyawan) yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja,
Wirausaha Tidak sedang mengikuti pendidikan formal,
Bukan penerima bansos Kementerian Sosial (DTKS), BSU, maupun BPUM,
Bukan TNI/Polri, ASN, anggota DPR/DPRD, dan lainnya.

Dalam program ini, peserta tidak membutuhkan agunan dan lama usaha tak dibatasi minimal 6 bulan seperti kredit makro. Syaratnya cukup menjadi alumni Kartu Prakerja.

Anggaran KUR Alumni Prakerja disiapkan mencapai Rp 41,8 triliun dengan batasan maksimal kredit yang diberikan sebesar Rp 10 juta per alumni program tersebut.

Untuk melakukan pendaftaran secara online KUR yang disalurkan oleh BNI, peserta Kartu Prakerja dapat mengakses situs https://eform.bni.co.id/BNI_eForm/kurOptio.

Ketika membuka situs itu, peserta cukup mengisi form yang disediakan oleh Bank BNI. Jika kamu lolos screening, maka Bank BNI bakal langsung menghubungi kamu.

Jadi, jika ditotalkan, keseluruhan benefit yang diterima seorang peserta Kartu Prakerja adalah senilai Rp13,5 juta.

Berikut cara daftar peserta Kartu Prakerja di laman prakerja.go.id:

  1. Klik https://www.prakerja.go.id di browser pencarian
  2. Daftar dengan email aktif
  3. Masukkan password
  4. Klik Daftar
  5. Cek email, klik Verifikasi Email

Isi data diri, tahapannya:

  1. Login di prakerja.go.id.
  2. Masukkan username dan password.
  3. Masukkan NIK KTP, Nomor KK, Tanggal lahir, Klik Lanjutkan.
  4. Lanjutkan hingga pengisian data diri dengan lengkap.
  5. Klik Oke apabila proses sudah selesai
Baca Juga  Bhabinkamtibmas Polsek Klari Monitoring Vaksin Keluarga dan Usia 12 Tahun di Desa Karanganyar

Demikian syarat mendapatkan bantuan Rp13,5 juta bagi peserta hingga alumni Kartu Prakerja.

Edotor : Agustian /Red•

Komentar

News Feed