oleh

Sebanyak 91 Rumah Terdampak Banjir Pasang Laut (ROB) Mendapatkan Bantuan Kompensasi Dari BPBD Kabupaten Karawang.

www.Kobra86.id

Karawang, Pakisjaya.
Pasca terjadi musibah pasang banjir air laut (ROB) beberapa bulan lalu di Pantai wisata Tanjungpakis kecamatan Pakisjaya kabupaten Karawang. Musibah pasang (rob) air laut yang telah memporak porandakan beberapa rumah serta warung pedagang tersebut.

Terhitung kerusakan secara keseluruhan dari catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Karawang. total rumah maupun warung yang rusak yaitu sebanyak 91 Rumah.
untuk rusak berat 21 rumah.
rusak sedang dan ringan 70 rumah.

Namun dari jumlah keseluruhan kerusakan itu sendiri ada kategori maupun kriteria. mulai dari rusak sedang ringan dan berat. secara presentase kerusakan mulai dari 30%, 70% hingga 100%. dari masing-masing kerusakan bangunannya.

Pembagian kompensasi itu sendiri di lakukan di kantor Desa Tanjungpakis
pada kamis (03/09/2020).
bantuan sosial dana hibah kompensasi bantuannya. untuk rusak sedang 1,5 juta, rusak sedang 2,5 juta, dan rusak berat sebesar 3,5 juta rupiah.

Sementara itu Hasan Basri anggota BPBD kecamatan Pakisjaya saat memberikan keterangan kepada Kobra86.id “Melalui bantuan berupa dana hibah yang di berikan dari pemerintah kabupaten Karawang yang di berikan melalui team BPBD
di kantor Desa Tanjungpakis ini.

Adalah sebagai bentuk kepedulian Pemerintah terhadap para pedagang maupun warga yang terkena musibah banjir air laut (ROB) pada akhir bulan mei lalu.”terangnya.

Berbicara bantuan dana hibah yang di berikan kepada warga terdampak tersebut. kami selaku petugas yang ada di kecamatan Pakisjaya khususnya di Desa Tanjungpakis.
sebelumnya memang sudah membuat laporan adanya kejadian musibah banjir Rob tersebut kepada BPBD pusat yang ada di kabupaten karawang.

Pasca terjadi nya musibah memang segitu adanya yaitu sebanyak 91 rumah. hampir 90% warga Dusun Karangjaya semua dan untuk warung-warung yang ada di sepanjang pantai yang tidak terkena kerusakan tentunya tidak kami buatkan laporan.

Baca Juga  SMSI Karawang Masa Bhakti 2020-2025 Resmi Dilantik.

Walaupun ada rumah maupun warung yang terendam air laut hasil dari pantauan kami itu tidak mengalami kerusakan. secara kategori maupun kriterianya. sehingga pada saat ini tidak mendapatkan dana hibah dari pemerintah.”ungkapnya.

Hal senada diungkapkan H. Unang Kepala Seksi Rehabilitasi BPBD kabupaten Karawang. “Mengenai penyaluran dana hibah kompensasi sosial dari Pemerintah Kabupaten Karawang oleh team BPBD yang kebetulan memberikan secara langsung pada saat ini.

Penuh harap bisa langsung di terima
oleh para korban musibah pasang air laut (ROB) di Desa Tanjungpakis.
dengan membawa persyaratan poto copy KTP dan KK. sebagai bentuk transparansi an sekaligus pencocokan data yang di ajukan oleh petugas kami yang ada di Desa Tanjungpakis beberapa bulan yang lalu pasca terjadinya musibah.

Sejauh ini pula kami tegaskan. musibah pasang air laut ROB itu bukan hanya terjadi di pantai Tanjungpakis saja. mulai dari Cemara jaya Cibuaya serta Tanjungpakis pada saat itu semuanya terkena imbas dari musibah banjir air laut ROB.”jelasnya.

Akan tetapi untuk yang mendapatkan bantuan dari pemerintah kabupaten Karawang. yang memang telah tercatat adanya laporan kerusakan-kerusakan rumah maupun warung.

Kategori kerusakan itu sendiri ada tiga kriteria yaitu rusak sedang ringan hingga berat. jadi kalau ada warga maupun penduduk yang kebetulan sama-sama berdagang maupun bermukim di sekitar pantai.

Kami harap dapat memaklumi kalau tidak mendapatkan bantuan pada saat ini. ada kemungkinan rumah serta warung warga tersebut hanya terendam air laut dan tidak terjadi kerusakan serta kerugian lainnya.

Karena kami sendiri yang ada di kabupaten tidak mengetahui sepenuhnya rumah serta warung mana saja yang terkena satu persatu nya. yang kami realisasi hasil dari data serta laporan yang ada di lapangan pada saat itu yaitu sebanyak 91 rumah yang terdampak.”pungkasnya.

Baca Juga  Jajaran unsur Muspika Pakisjaya Membagikan Masker ke Pasar Tradisional Tanjungbungin Pakisjaya.

(A. Sumadi).

Komentar

News Feed