oleh

Muspika Pakisjaya Bersama Para Kades Membuat Alat Penyekat Sampah Irigasi.

Kobra86/Karawang.
Kerjasama antar sesama kalangan baik instansi pemerintah muspika TNI dan POLRI aparatur desa baik sipil serta masyarakat di lingkungan sekitar, khususnya di kecamatan Pakisjaya. mengenai persoalan pertanian sawah sangat di perhatikan sekali mengenai kebutuhan airnya. terlebih mengenai kelancaran saluran Irigasi yang ada di kecamatan Pakisjaya.

Guna mengatasi persoalan yang terjadi di saluran Irigasi Pakisjaya, salah satunya mengenai menumpuk nya sampah di sepanjang sungai. baik sampah yang memang tumbuh secara liar, serta sampah yang terapung berasal dari tetangga kecamatan Batujaya.

Melalui swadaya para kepala Desa se Kecamatan Pakisjaya, serta unsur Muspika Pakisjaya. pada Selasa (26/01/2021). telah membuat alat penyekat/penghalang sampah yang tepatnya berada di Desa Telukbuyung daerah perbatasan antara Pakisjaya dan Batujaya.

Sementara itu H. Panji Santoso, SE. Camat Pakisjaya. saat meninjau langsung pemasangan alat penyekat sampah mengatakan. “Hari ini sedang kita lakukan kegiatan serta upaya penyekatan sampah kiriman yang berasal dari tetangga kecamatan Batujaya.

Dengan adanya alat ini, penuh harap kelancaran saluran Irigasi yang ada di kecamatan Pakisjaya bisa berjalan air irigasi nya secara optimal tanpa ada permasalahan terhambat karena tumpukan sampah-sampah yang memasuki wilayah kecamatan Pakisjaya.

Kami selaku camat di Pakisjaya, sangat mengapresiasi sekali dengan kerjasama yang dilakukan oleh para kepala desa se Kecamatan Pakisjaya. dalam kepedulian nya secara sukarela telah membantu sekaligus membuat alat penyekat dengan dana pribadi masing-masing.”ungkapnya.

Senada, di utarakan. Hasan Saepudin. Kades Solokan kepada jurnalis kobra86.
“Berkat dukungan dari rekan para kepala desa, baik warga serta unsur muspika pakisjaya, dalam hal ini kami telah mendapatkan support secara penuh dari H. Panji Santoso. selaku camat Pakisjaya. sehingga pemasangan alat penyekat sampah di daerah perbatasan ini bisa terlaksana.

Baca Juga  POLSEK CIKARANG TIMUR POLRESTRO BEKASI GELAR RAPIDE TEST DI KAMPUNG TANGGUH JAYA

Semoga dengan adanya alat penyekat sampah ini, kelancaran air irigasi di pakisjaya berjalan secara lancar. mulai dari Desa Telukbuyung hingga Tanjungpakis. tinggal kita kembalikan lagi, kepada warga masyarakat Pakisjaya. mengenai kepedulian nya agar jangan sampai membuang sampah di Irigasi lagi.

Hal ini sebetulnya terjadi akibat kurangnya kesadaran dari masyarakat khususunya masyarakat Pakisjaya, seringkali terjadi pengendapan akibat sampah menumpuk yang mengakibatkan kelancaran air terganggu.”terangnya.

“Tidak bosannya kami selalu menghimbau, timbul kan lah sedikit kesadaran untuk menjaga semua fasilitas yang telah diberikan oleh pemerintah daerah seperti saluran irigasi yang telah dibuatkan, kami berharap masyarakat melanjutkan dengan selalu menjaga kebersihannya.

Irigasi kerap kali mengalami pengendapan akibat sampah-sampah yang dibuang secara sengaja dan tidak disengaja ke dalam saluran irigasi tersebut. di tambah pula dengan adanya pembangunan warung-warung yang semakin banyak di sepanjang sungai irigasi, itu semua menjadi salah satu penyebabnya.” ujar Hasan Saepudin.

Seperti halnya yang di sampaikan, Yudi. Pengawas perairan PJT II. Pakisjaya, Batujaya dan Tirtajaya.

“Kerjasama dan kepedulian masyarakat, sangat kami harapkan. kendati tugas kami dalam mengelola perairan saluran Irigasi baik kelancaran air serta permasalahan sampah. namun tanpa ada kerjasama dari berbagai kalangan kami rasa tidak akan berjalan secara maksimal.

Harapan kami kepada warga masyarakat Pakisjaya khususnya. untuk ke depan bahwasanya sedikit saja kita ada niat menjaga kebersihan lingkungan apalagi dengan kesadaran membuang sampah pada tempatnya, akan sangat baik dengan kelancaran saluran Irigasi yang ada.”tutupnya.

(A. Sumadi/Jimmy).

Komentar

News Feed