oleh

Kurangnya Suplai Air Sungai, Kades Solokan Bersama Warga Bersihkan Sampah Di Sepanjang Irigasi Pakisjaya.

www.kobra86.id

Kobra86/Karawang.
Hampir tiga pekan belakangan di sepanjang bulan Maret 2021, akibat tidak terjadi lagi turun hujan. membuat ratusan hektare lahan persawahan tanaman padi di kecamatan Pakisjaya. mulai mengalami kekeringan karena terjadi krisis air untuk irigasi yang berakibat debit air sungai irigasi pun ikut menurun begitu drastis.

Untuk mempertahankan dan menjaga ketersediaan air, para petani Pakisjaya dengan terpaksa harus melakukan pemompaan dengan menggunakan mesin. seperti halnya yang di lakukan petani di Desa Solokan kecamatan Pakisjaya kabupaten Karawang. di karenakan kekeringan sudah mulai melanda di beberapa wilayah tersebut.

Sementara itu, Hasan Saepudin. kades Solokan saat memberikan keterangan kepada jurnalis kobra86. Senin (29/03/2021). “Ketidak kemaksimalan nya debit air sungai irigasi di sepanjang kecamatan Pakisjaya, dari semenjak pagi hari mulai dari perbatasan kecamatan Pakisjaya – Batujaya.

Kami dari Pemerintah Desa Solokan bersama para warga, yang di pantau langsung oleh tiga pilar terdiri dari TNI dan Polri dan unsur Muspika Pakisjaya. melakukan kerjabakti dengan mengangkat sampah baik yang terapung maupun sampah yang tenggelam.”terangnya.

Lebih lanjut, Hasan Saepudin. katakan, “Berkat adanya kerjasama dari semua pihak baik unsur Muspika Pakisjaya. serta warga masyarakat, syukur Alhamdulillah walaupun tidak secara maksimal masuknya air ke saluran tersier di Desa Solokan. namun sejauh ini masih bisa masuk dan bisa di manfaatkan oleh para petani kami khususnya warga masyarakat Desa Solokan. sekalipun harus memakai alat mesin pompa air.”ungkapnya.

Senada, di utarakan. PELDA Ahmad Ibrahim. Danposramil Pakisjaya.
“Melalui kepedulian warga masyarakat Desa Solokan dalam melakukan kerja bakti (goloran) kegiatan membersihkan serta mengangkat sampah di Irigasi yang di dampingi langsung oleh kepala desa. bersama jajaran Muspika Pakisjaya. mulai dari Desa perbatasan Desa Telukbuyung hingga ke Desa Solokan, kami bersama jajaran mengawal kegiatan kerjabakti ini hingga selesai.

Baca Juga  "Memprihatinkan" Bangunan SD Negeri 3 Kalangsurya Rengasdengklok Tidak Ada Perhatian Dari Pemerintah Daerah.

Kendati krisis air di sepanjang sungai irigasi kecamatan Pakisjaya. sudah mulai terjadi, namun berkat kepedulian dari warga masyarakat dalam hal bergotong royong untuk menyisir sampah-sampah yang menjadi penghalang untuk sementara waktu kini telah bisa terselesaikan hingga pada saat ini pula aliran air sungai telah mampu memasuki ke saluran tersier yang ada.

Harapan kami, khususnya kepada warga masyarakat Pakisjaya. mari terus kita jaga kebersihan lingkungan di sekitar kita terlebih di sepanjang aliran sungai irigasi yang ada di kecamatan Pakisjaya. agar sejauh ini jangan lah membuang sampah sembarangan apalagi di buang secara sengaja ke sungai irigasi.”pungkasnya.

(A. Sumadi/Jimmy).

Komentar

News Feed