oleh

Desa Talagajaya Dan Desa Telukjaya Telah Mempersiapkan Administrasi Riksus Inspektorat Kabupaten Di Akhir Masa Jabatan.

 

www.Kobra86.id

Karawang, Pakisjaya.

Team monitoring dan evaluasi kinerja Desa, Kecamatan Pakisjaya. yang di pimpin langsung oleh Ahmad Supandi, SE. Kasi PMD Pakisjaya, beserta rombongan melakukan monitoring evaluasi administrasi langsung dalam menghadapi masa akhir jabatan dari 4 Desa Kecamatan Pakisjaya, yaitu Desa Talagajaya, Telukjaya, Tanjungbungin, dan Tanahbaru.

Sebagai awal melakukan monitoring dan evaluasi kelengkapan administrasi dari beberapa Desa, team monitoring kecamatan Pakisjaya terlebih dahulu melakukan monitoring untuk Desa Talagajaya yang terlebih dahulu di lakukan pemeriksaan. pada kamis (09/10/2020).

Sejauh ini untuk masa jabatan Kepala Desa angkatan 177 di Karawang akan segera berakhir. maka di wajibkan untuk segera menyelesaikan Laporan Penyelenggaran Pemerintahan Desa (LPPD) selama satu periode menjabat.
Karena Kades pada setiap akhir masa jabatannya harus menjalani Pemeriksaan Khusus Akhir Masa Jabatan (Riksus AMJ). seperti halnya untuk Desa Talagajaya dan Telukjaya.

Hal tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri RI) Nomor 46 Tahun 2016. Pada Permendagri itu sudah jelas dan bisa di pahami oleh penyelenggara pemerintahaan desa di akhir masa jabatannya.

Kasi PMD Pakisjaya sekaligus Ketua Team monitoring evaluasi administrasi Kecamatan Pakisjaya. Ahmad Supandi, SE. memaparkan. “Pada Permendagri itu di jelaskan ada empat poin, Pertama laporan penyelengaraan pemerintahan desa akhir tahun anggaran. Kedua, laporan penyelenggaraan pemerintah desa akhir masa jabatan. Ketiga, laporan keterangan penyelengaraan pemerintah desa akhir tahun anggaran. Keempat, informasi penyelenggaraan pemerintah desa,” papar Ahmad Supandi, SE. kepada kobra86.

Berdasarkan Permendagri tersebut, Ahmad Supandi. mengatakan, “laporan pertangungjawaban kepala desa di akhir masa jabatan merupakan wajib di laksanakan. oleh karenanya, sebelum team Inspektorat kabupaten Karawang melakukan Riksus terhadap 4 Desa yang akan segera berakhir masa jabatannya. terlebih dahulu kami melakukan monitoring evaluasi administrasi masing-masing Desa yang terdiri dari 18 item administrasi yang mesti di lengkapi.

Baca Juga  Pengamat : Rapid Test Anggota KPPS Merupakan Upaya KPUD Karawang Yakinkan Masyarakat Untuk Datang Ke TPS

“Selain Riksus AMJ, biasanya team Inspektorat kabupaten juga melakukan pemeriksaan dengan 3 kriteria berbeda. untuk pemeriksaan evaluasi, berfokus pada pemeriksaan anggaran Kabupaten atau Alokasi Dana Desa (ADD) yang di dalamnya terdapat fisik dan non fisik, termasuk kegiatan kelembagaan,” Ucapnya.

“Sementara untuk Riksus AMJ, pemeriksaan fokus pada selama Kades menjabat. Sejak Kades di lantik biasanya sudah mulai pemeriksaan, mulai sejak awal menjabat di pemerintahan desa sampai akhir masa jabatan.”, Terang Ahmad Supandi, SE.

“Tak hanya itu, yang menjadi objek pemeriksaan semua Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Artinya, semua dana yang masuk APBDes meliputi ADD dan Dana Desa (DD), Bantuan Gubernur (Bangub), Pendapatan Asli Desa (PADes), termasuk Dana Bagi Hasil (DBH) pajak daerah sebagaimana yang tertera di 18 item yang ada.

“Selanjutnya dari hasil Riksus AMJ akan di tuangkan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang kemudian di serahkan kepada Kepala Daerah (Bupati). Di dalam LHP secara terinci di jelaskan seluruh hasil pemeriksaan selama satu periode menjabat.”, imbuhnya.

“Dan bila mana dalam kurun waktu satu periode di temukan adanya permasalahan – permasalahan pada tahun – tahun sebelum berakhirnya masa jabatan, baik administrasi atau keuangan. Proses selanjutnya di serahkan kepada Kepala Daerah, dan untuk temuan keuangan yang belum di selesaikan. baik di sengaja atau tidak di sengaja, tentu akan di tindak lanjuti oleh Aparat Penegak Hukum (APH), yaitu Kejaksaan dan Kepolisian,” Ungkapnya.

Sementara itu, Nursan Kepala Desa Telukjaya. mengatakan “Dalam menghadapi akhir masa jabatan saya selaku Kades, pada bulan maret 2021 nanti, Alhamdulillah pada hari ini team monitoring dan evaluasi dari kecamatan Pakisjaya, beserta rombongannya telah memeriksa terlebih dahulu baik yang berbentuk SPJ maupun fisik pembangunan yang telah selesai di kerjakan.

Baca Juga  Banyak Pihak Mensupport Langkah LMP Karawang Mengenai Bawaslu

“Oleh karena itu, saya mensupport sekali kepada team monitoring dan evaluasi kecamatan Pakisjaya beserta rombongan yang sudah melakukan evaluasi administrasi yang sedang kami lengkapi. sehingga pada saat pemeriksaan dari team inspektorat kabupaten Karawang nantinya sudah lengkap secara keseluruhan sesuai yang di arahkan team monitoring pada saat ini.”pungkasnya.

 

(A.Sumadi).

Komentar

News Feed