oleh

Debit Air Sungai Citarum Semakin Meningkat, Warga Desa Telukbuyung Dan Telukjaya Pakisjaya Sudah Mulai Mengungsi.

-Berita, Daerah-584 views

Kobra86/Karawang – Luapan air sungai citarum akibat curah hujan serta banjir kiriman, yang mengakibatkan ratusan rumah sudah mulai terendam dengan air. bahkan dari tiga Dusun yang terdampak seperti halnya Dusun Tanjungjaya, Tenjo jaya, dan Dusun kendal. dari dua Desa terdiri dari Desa Telukbuyung dan Telukjaya, Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang. pada Senin (08/02/2021)

” Terhitung mulai dari Rt 01 sampai Rt 07 Rw 01. untuk ketinggian air di perkirakan sudah mencapai sekitar 50 cm, hingga 70 cm. dan untuk data korban banjir sendiri dari 774 Kepala Keluarga (KK) serta 553 rumah, dengan jumlah jiwa sebanyak 2,397 orang. mulai dari pukul 8,00. WIB pagi, hingga pukul 17,00. WIB sore, luapan dan debit air sungai citarum terus meningkat”. hal tersebut, di ungkapkan. H. Atim HE. Sekertaris Desa (Sekdes) Desa Telukbuyung. saat memberikan keterangan.

Team, BPBD unsur Muspika Pakisjaya. terdiri dari TNI dan polri Satpol-PP serta petugas kesehatan Puskesmas Pakisjaya semenjak pagi hari sudah berada di lokasi. selain memantau kondisi dan debit air yang terus meningkat, himbauan kepada seluruh warga masyarakat pun agar segera untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan aman terus di sarankan kepada seluruh warga masyarakat yang terdampak banjir.

Sementara itu, H Panji Santoso SE. Camat Pakisjaya. saat berada di lokasi terdampak banjir luapan air sungai citarum menuturkan, kepada jurnalis kobra86. “Kami dari team muspika Pakisjaya beserta jajaran TNI dan Polri. sejauh ini terus memantau perkembangan terhadap asal sumber luapan air sungai citarum semenjak dari pagi hingga sore hari, yang ternyata luapan air terus saja meningkat.

“Persiapan serta antisipasi terhadap keselamatan kepada warga masyarakat untuk terus melakukan himbauan sedini mungkin, serta membantu untuk dalam mengevakuasi warga, baik yang sudah lanjut usia (lansia) maupun yang masih memiliki balita, sejauh ini sudah kami lakukan terhadap warga yang ada di tiga Dusun tersebut, terlebih rumah mereka memang berada di dataran yang sangat rendah serta sangat dekat sekali dengan bantaran sungai citarum,”terangnya.

Baca Juga  Ulah Pengamen Pantai Tanjungpakis Di Duga Sambil Mabok, Bikin Resah Pedagang Dan Para Pengunjung.

Senada, di utarakan. Nursan kepala Desa (Kades) Telukjaya. “Sejauh ini warga kami yang berada di Dusun kendal, Desa Telukjaya. dari semenjak pagi hari tadi sudah kami instruksikan dan bahkan di sarankan agar segera mengevakuasi barang-barang yang di miliki yang sekiranya masih berharga agar jangan sampai terendam dengan luapan air nantinya.

Terlebih kepada warga masyarakat yang sudah sangat tua serta lansia serta anak-anak yang masih balita. agar sesegera mungkin mencari tempat yang lebih aman untuk mengungsi, karena dari informasi yang kami dapatkan dari Perum Jasa Tirta (PJT) bahwasannya debit air sungai citarum akan terus bertambah ketinggiannya sampai sore hari di pastikan luapan air akan semakin cepat dan akan terus masuk ke dalam rumah warga kami.”tutupnya.

(A. Sumadi / Jimmy)

Komentar

News Feed