oleh

Angka Partisipasi Pilkada Meningkat 3% Dari Pilkada 2015, Andri : KPU Karawang Sukses Lakukan Sosialisasi

Kobra86 / Karawang

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak disituasi pandemi sebelumnya menimbulkan banyak sekali spekulasi. Termasuk diantaranya soal partisipasi masyarakat yang dikhawatirkan rendah, karena masyarakat masih dibayang – bayangi Covid – 19 atau Virus Corona. Tapi Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuat formulasi – formulasi khusus untuk mengantisipasi hal tersebut.

Selain merubah strategi dari sisi logistik dan memecah jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), agar tidak terjadi kerumunan. KPU juga memperketat Protokol Kesehatan (Prokes) disetiap TPS, dan dengan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk datang ke TPS.

Langkah strategi itu rupanya berhasil dilakukan oleh KPU Karawang. Sehingga hasil dari kerja keras KPU Karawang beserta jajaran dibawahnya, dapat meningkatkan angka partisipasi. Jika pada Pilkada Tahun 2015 saja hanya 68 persen tingkat partisipasi masyarakat, tapi kali ini mencapai 71 persen. Artinya, ada kenaikan sebesar 3 persen.

Pemerhati politik dan pemerintahan, Andri Kurniawan yang sejak awal mendorong KPU Karawang memaksimalkan sosialisasi untuk menarik partisipasi masyarakat datang ke TPS, rupanya direspon baik.

Melihat realita adanya peningkatan angka partisipasi dan berkurangnya jumlah Golongan Putih (Golput), Andri mengapresiasi KPU Karawang. Diutarakannya, “Sejak awal saya berulang kali menyampaikan pendapat dibanyak media massa, tujuannya untuk memotivasi KPU Karawang agar lebih semangat lagi mengajak masyarakat untuk menggunakan hak politiknya,”

“Saya bersyukur sekali, ketika angka partisipasi meningkat pada Pilkada sekarang. Ini prestasi luar biasa, padahal dalam situasi pandemi, tapi bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak politiknya yang hanya bisa didapat 5 Tahun sekali,” Terang Andri.

“Dengan adanya hal demikian, artinya sejak awal sampai diinjury time, sebagaimana saran saya. 3 hari masa tenang harus benar – benar dapat dimanfaatkan untuk mengajak masyarakat menggunakan haknya datang ke TPS. Karena yang paling efektif adalah pada saat mengantarkan undangan,” Jelasnya.

Baca Juga  Andri Apresiasi KPUD Karawang Yang Sukses Lakukan Tahapan Pilkada Serentak

“Prestasi KPU Karawang ini akan menjadi catatan sejarah. Walau harus menghadapi tantangan pandemi, tapi mampu meningkatkan angka partisipasi. Bahkan pada Pilkada 2015 saja dalam keadaan normal, angka partisipasinya dibawah angka yang sekarang,” Ulas Andri.

“Sebab angka 3 persen jumlahnya lumayan banyak. Mengingat Daftar Pemilih Tetap (DPT) Karawang itu sangat tinggi. Maka sudah sewajarnya KPU Karawang mendapat apresiasi. Karena untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, bukan lah persoalan mudah, apa lagi dalam situasi seperti sekarang,” Pungkasnya.

 

Agustian / Red•

Komentar

News Feed